Pengantar Teknologi Game

Apa yang dimaksud dengan game teknologi??

game teknologi merupakan jenis game yang memiliki beberapa kategori yaitu;

Role Playing Game (RPG)

Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG)

Real Time Strategy (RTS)

– dll

Tahap Pembuatan Game

1. Menentukan Genre Game yang akan dibuat

Pertama – tama anda harus menentukan jenis game apa yang akan anda buat, apakah game itu berjenis RPG, RTS, dll, tentukan sesuai kreativitas yang anda miliki.

2. Menentukan Tool

Dan tahap selanjutnya adalah menentukan bahasa pemrograman apa yang akan anda gunakan untuk membuat game tersebut. hal ini berkaitan dengan alur atau sistem yang akan dibuat dalam game tersebut seperti menentukan strategi, alur cerita, dan mengatur jalannya game.
3. Menentukan gameplay game

Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, mission success, mission failed, cara bermain, dan sistem lainnya harus ditentukan. Misal dalam sistem save hanya dimunculkan tombol save saja atau dimunculkan tombol quit dan apabila pemain ingin meload game tersebut maka pemain dapat langsung menuju ke lokasi terakhir kali pemain save. Semua sistem yang digunakan pada game disebut gameplay. Sebisa mungkin membuat gameplay yang mudah sehingga memudahkan pemain untuk memainkan game tersebut dan pemain tidak mengalami kesulitan dalam bermain.

4. Menentukan grafis yang ingin digunakan

Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game dan sesuai dengan kemampuan, kemudian pilih software apa yang ingin digunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang dianggap paling mudah digunakan

5. Menentukan suara yang ingin digunakan

Disini lah salah satu game dapat dinilai bagus atau tidaknya. Karena jika penempatan suara yang tidak tepat dapat membuat game tersebut tidak dimainkan lagi. Contoh dalam bermain game, karakter dari pemain kalah ataupun misinya gagal diberikan lagu yang bersemangat ini merupakan penempatan suara yang tidak tepat seharusnya diberikan suara yang mengandung kesediahan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game

6. Lakukan perencanaan waktu

Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan

7. Proses pembuatan

Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.

8. Lakukan publishing

Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game.

Teknologi yang digunakan dalam pembuatan Game

Teknologi Augmented Reality (AR) makin berkembang dan sudah memasuki dunia video game komersial. Video game AR pertama yang cukup populer adalah party game dengan EyeToy untuk konsol PS2 pada tahun 2003. Beberapa saat setelah konsol PS3 dipasarkan, muncul video game berjudul ‘The Eye of Judgement’ yang merupakan pengembangan teknologi AR dan sangat menarik secara visual, dan yang cukup baru adalah ‘Eyepet’, yang mulai mengintegrasikan interaksi dengan pemain dan munculnya teknologi yang menjembatani dunia nyata dan dunia maya. Produk Collectible Card seperti dibawah ini juga merupakan contoh makin luasnya adopsi teknologi AR untuk permainan komersial.

3D Game Studio

Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll .

Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)

Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini.
Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.

Profesi dalam pembuatan game

Ada beberapa bidang profesi yang berpengaruh dalam pembuatan game. Salah satunya profesi programmer yang menuliskan source code agar game tersebut bagus dan tidak terdapat bug. Selain profesi programmer tidak kalah pentingnya adalah profesi design animation yang membuat tampilan pada game tersebut agar pemain merasa tertarik dan tidak membosankan memainkan game tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: